Manfaat Buah Naga

Dragon Fruit

Dragon Fruit

Kali ini, kita mau memberikan informasi tentang khasiat Buah Naga atau Dragon Fruit. Memang tidak termasuk dari varian Bali Ratih (heheheh), tapi aku sendiri yang merasakan manfaatnya dan sekarang lagi tergila-gila makan buah naga. Sudah hampir dua minggu ini aku rutin makan buah naga setiap hari.

Manfaat yang langsung kerasa adalah buang air lancar setiap hari. (heheheh..biasanya aku gak tiap hari).

Dan setelah makan selama seminggu satu buah setiap hari, aku bener-bener ngerasa perut bersih sih sih!! Sumpah gak boong. Baru kali ini ngerasa perut kosong dan bersih. (sumpah ini gak lebay..heheh).

Biasanya aku makan pagi-pagi buat sarapan. Karna rasanya yang seger, dan gak terlalu manis (manis-manis sombong gitu) cocok banget buat sarapan. Daan..buah Naga juga mengenyangkan (menurutku) jadi cocok tuh untuk yang mau diet. So, temen-temen boleh coba deh. Mau buah naga yang dagingnya putih atau merah sama aj kok. Cuma di Pasar deket rumahku adanya yang putih. Harganya Rp. 5000/pcs. Gak terlalu mahal kan?? Sama kayak harga jus. Makannya juga mudah kok. Tinggal belah dua trs disendok aja dagingnya. Nyaam..nyam..nyaam.. gak perlu repot potong-potong. hehehhe

Nah, sekarang kita kasih infonya manfaat Buah Naga untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata banyak lho. Ini hasil telusurannya:

Dragon Fruit

9 Manfaat Buah Naga yang harus Anda ketahui:

Menghambat Penuaan Dini

Anti oksidan yang terkandung dalam Buah naga dapat mengambat proses penuaan dini yang biasa dialami oleh seseorang yang setiap harinya terpapar oleh polusi udara. Kandungan yang terdapat dalam buah naga akan mengeluarkan racun dalam tubuh secara efektif, sama efektifnya dengan buah apel.

Mencegah Kanker

Antioksidan selain berguna untuk menghambat penuaan dini juga terbukti ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh manusia. Buah yang memiliki rasa hambar sedikit manis dengan biji kecil yang dapat dikonsumsi ini dapat dikonsumsi oleh semua lapisan usia. Namun, ada juga seseorang yang tidak menyukai buah lembek ini.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam buah naga cukup tinggi itulah sebabnya mengapa buah ini sangat baik dikonsumsi oleh Anak dalam masa pertumbuhan. Bila Anda sering terkena flu khususnya disaat perubahan musim yang tidak menentu seperti sekarang ini sebaiknya konsumsilah buah naga secara teratur setiap hari.

Meningkatkan Nafsu Makan

Jika saat ini Anda sedang mengalami masa dimana nafsu makan turun sebaiknya konsumsilah buah naga. Selain kandungan Vitamin C yang tinggi ternyata di dalam buah naga juga terkandung Vitamin  B2 dan B1 yang sudah sejak lama diandalkan oleh dunia pengobatan sebagai penambah nafsu makan khususnya dalam masa penyembuhan dari penyakit.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain Vitamin B2 dan B1 buah naga juga banyak menyimpan Vitamin B3 yang jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kolesterol dalam darah secara efektif. Jika kolesterol darah menurun maka seseorang akan dijauhkan dari yang namanya gangguan peredaran darah dan jantung.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Didalam satu buah naga terdapat kandungan fosfor dan kalsium yang melimpah. Itulah sebabnya jika seseorang mengkonsumsi buah naga secara teratur keadaan tulang dan giginya jauh lebih baik ketimbang seseorang yang tidak pernah makan buah naga. Bagi Anda yang kini menginjak usia senja sebaiknya konsumsi buah naga karena dapat mencegah terjadinya kerapuhan tulang atau osteoporosis.

Mencegah Diabetes Melitus

Saat ini penyakit degenatif merupakan momok tersendiri bagi seseorang yang setiap harinya mengkonsumsi makan tak sehat. Apalagi orang tersebut menjalani kehidupan dengan pola hidup tidak sehat, kemungkinan besar dimasa tuanya akan mengalami penyakit degeneratif yang saat ini jumlahnya semakin meningkat mengalahkan penyakit infeksi. Jika Anda sadar akan hal itu dan takut terjangkit Diabetes Melitus sebaiknya mulai sekarang konsumsilah buah Naga karena didalamnya terdapat zat yang efektif untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

Merawat Kesehatan Mata

Tak hanya Vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Karoten, juga bermanfaat atas kesehatan mata yang kita miliki. Didalam Manfaat Buah Naga terdapat kandungan karoten yang sangat baik untuk mata bila dikonsumsi.

Merawat Jantung Agar tetap sehat

Selain olahraga teratur konsumsi makanan sehat juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Jika Anda bingung menentukan buah apa yang sehat untuk jantung, sebaiknya pilih Buah Naga untuk jadi sala satu menu makanan sehat Anda mulai sekarang. Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 didalam Buah yang dijuluki Dragon Fruit ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Sedangkan untuk kecantikan ada juga, berikut 5 Manfaat Buah Naga untuk kecantikan:

  1. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit
    Buah naga kaya akan Vitamin B3 yang bermanfaat untuk melembabkan kulit, selain itu Vitamin B3 juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit.
    Caranya :
    Ambillah 1 buah naga yang berukuran sedang, lalu blender buah naga tersebut hingga lembut. Setelah lembut saringlah dengan menggunakan kain halus dan buanglah ampasnya. Oleskanlah sari buah naga tadi ke seleruh permukaan kulit wajah, leher, dan tubuh. Biarkan hingga meresap dan mengering. Sebaiknya lakukan setiap 1 minggu 2 kali agar mendapatkan hasil yang diinginkan.
  2. Mencegah Penuaan Dini
    Selain mempunyai kandungan Vitamin B3, buah naga juga kaya akan Vitamin Edan beta-carotene  yang dapat memperlambat perkembangan sel dan mengurangi resiko proses oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas.
    Caranya :
    Ambillah setengah buah naga, blender hingga lembut. Setelah itu tuanglah 1 sendok makan yogur aduk hingga rata. Setelah itu olekan ke seluruh bagian wajah dan leher, siamkan selama 20 menit hingga benar-benar kering. Bilaslah dengan air hangat dan lakukanlah 1 minggu sekali.
  3. Mencegah dan Mengobati Jerawat
    Buah naga mempunyai kandungan Vitamin C yang bermanfaat untuk mengobati jerawat.
    Caranya :
    Ambillah seperempat buah naga, lalu blenderlah hingga halus, dan ambillah airnya. Oleskan air tadi pada daerah yang berjerawat, diamkan hingga mengering. Sebaiknya pakailah secara teratur hingga jerawat mengering dan hilang.
  4. Mengatasi Kulit Terbakar Matahari
    Buah naga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan kulit berwarna merah akibat terbakar matahari. Jika tidak segera diatasi efek karena terbakar matahari akan terasa panas hingga beberapa jam. Untuk menghilangkan efek tersebut dapat dicoba dengan cara dibawah ini.
    Caranya :
    Buatlah perasan buah naga dan mentimun dengan takaran 2 sendok makan masing-masing. Campurlah hingga rata, lalu tambahkan madu 1 sendok makan. Oleskan ke bagian kulit yang terbakar tadi, dan biarkan meresap hingga kulit terasa dingin. Setelah itu bilaslah dengan air hangat dan lanjunkan dengan air dingin atau air es.
  5. Melindungi Kulit dari Sinar UV
    Kandungan phytoene dan phyofluence yang terdapat dalam buah naga bermanfaat untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV. Kandungan phytofluence dapat menyerap sinar UV dan dapat mempertahankan kulit agar tetap sehat.
    Caranya :
    Buatlah perasan buah naga secukupnya, lalu celupkan kapas ke dalamnya. Setelah itu tempelkan pada wajah dan biarkan hingga benar-benar meresap ke dalam kulit. Bilaslah dengan air bersih dan berdandanlah seperti biasa. Sebaiknya lakukanlah setiap hari sebelum memulai beraktivitas pada pagi hari , sehingga kulit dapat terlindungi dari sinar UV dengan baik.

Sumber:

http://cantikinfo.blogspot.com/2012/10/manfaat-buah-naga-untuk-kecantikan.html

http://yukidaniswara.blogspot.com/2012/12/10-manfaat-buah-naga-yang-harus-anda.html

Advertisements

3 thoughts on “Manfaat Buah Naga

    • saya juga punya pengalaman yang sama, pertama kaget. tapi setelah coba baca-baca, hal ini normal kok. 🙂 tidak bahaya, karena zat pewarna alami dari buah naga tidak dapat dimetabolisme oleh tubuh, yaitu tidak larut dalam air dan lemak. Apabila kelebihan asupan vitamin dari buah naga. maka tubuh secara otomatis akan membuang kelebihan tersebut melalui urin dan feses.

  1. Saya sekeluarga suka banget sama buah naga. baik dimakan langsung ataupun dibikin jus. Tapi lebih suka buah naga putih sih. Kalau yang merah suka bikin kotor baju. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s