China Trip Day 3 : Bali Ratih Goes to Great Wall

DAY 3 : DAY AT BEIJING

7 Maret 2013

Saat di Indonesia, kita udah mulai cari-cari local tour ke Great Wall. Kiita gak kebayang gimana cara kita kesana karena letaknya lumayan jauh dari tengah kota Beijing, 70 km sebelah utara dari Beijing city. Sebenernya bisa aj naik kereta sendiri tapi setelah diitung-itung cost-benefitnya, akhirnya kita memutuskan menggunakan jasa  local tour http://www.beijinglocaltour.com/coach_tour/badaling_great_wall_and_ming_tombs_tour.php . Reservasi tanpa DP, bayar cash di tempat. Murah dan tidak mengecewakan. Satu orangnya dikenakan charge US$17 atau RMB 110 (bisa bayar pakai dollar atau yuan) tapi belum termasuk cable car.

Sehari sebelumnya kita konfirmasi ulang by email, dan mereka akan telp balik ke hotel/hostel kita untuk janjian. Jam 7.15 kita dah standby di receptionist hostel untuk di jemput. Setelah menjemput semua peserta tour, kita langsung menuju tempat wisata. Jumlah peserta hari itu ada 6 orang termasuk kita. Sepasang suami istri dari Filiphina, 1 cowok dari Finlandia, dan 1 cewek dari Belgia dan pastinya kita berdua. Local tour kita hari itu namanya Wen. Tujuan pertama kita adalah Ming Tomb, letaknya searah dengan Great Wall. Ming Tomb yang kita kunjungi adalah Tomb (kuburan) kaisar yang terbesar, Xiaoling Tomb. Jumlah kuburan dari dinasti Ming ini ada 13. 1 tomb untuk satu kaisar.

Xiaoling Tomb merupakan kuburan kaisar Hongwu, kaisar pertama dari dinasty Ming. Mulai dibangun pada tahun 1381 semasa Kaisar Hongwu hidup dan selesai pada tahun 1405. Panjangnya sekitar 22,5 Km. Klo disini dah bisa di jadiin perumahan kali. Sumpah luas banget.

Bali Ratih

Bali Ratih Bali Ratih

Ini pohon adalah pohon yang sama yang ada di photo itu. Anyway bapak yang ada di photo itu adalah Mao ZeDong. Jadi umur pohon ini dah ratusan tahun.

Bali Ratih

Bali Ratih

Istana ini dipake buat keluarga kerajaan yang mau ziarah. sekarang sih dipake buat museum. isinya barang peninggalan zaman dinasty Ming dan ada patungnya Emperor HongWu juga. Bedanya pake tour, kita akan dijelasin “sejarah” dari suatu tempat. Lah, klo kita berdua mah mana peduli yang penting bisa poto-poto. hahhaah..apalagi si Galih, doi paling gak suka museum. hihii

Bali Ratih

itu yang dibawah uang lho. banyak yak.

 

Bali Ratih

Bali Ratih

CIMG1507

ini adalah gerbang dari XiaoLing Tomb. Nah yang bawah ini adalah terowongan menuju Tomb. Tombnya sendiri hanya gundukan tanah aj seperti bukit. Gak tau juga dalemnya kayak apa, mungkin kayak Makam kuno yang ada di Xi’an lengkap dengan Terracotta wariorsnya. Sampai dengan hari ini, Xioling Tomb belum pernah dibuka.

CIMG1512

CIMG1514

Bali Ratih

Bali Ratih

Ini adalah pintu masuk dan keluar dari Ming Tomb. Saat kita keluar dari Ming Tombs ada cara unik untuk melangkah keluar. Untuk yang wanita, keluar dengan kaki kanan terlebih dahulu. Yang Pria pakai kaki kiri. Sebelum kita melangkah kita harus menginjak-injakan kaki ke tanah baru kemudian melangkah. Saat melangkah sambil mengucap “Hua Wei Lai La” (sound like that lah, aku juga gak tau tulisannya kayak apa). Konon katanya, kalo kita ngelakuin itu kita akan kembali lagi ke sini. (Berarti?balik lagi ke China Dong?!Aamiin)

Sebenernya Ming Tomb yang satu ini BIASA banget. Mungkin kalian yang mau ke Ming Tombs bisa pilih tomb yang lain. heheheh. Klo gak salah, ada Ming Tomb yang bagus dan kita bisa lihat dalamnya Tomb itu kayak apa. Selain itu kita bisa melewati Sacred way or Divine Road yang dihiasi patung-patung. Ini pilihan-pilihannya:

Take subway line 5 to Tiantongyuan Bei Station, and shift to Changping Bus no. 22. Take
Changping Bus no. 22 to Changling, Dingling and Zhaoling at Li Shui Qiao Station.
Changling : CNY 45 (Apr. 1 to Oct. 31); CNY 30 (Nov.1 to the next Mar. 31)
Dingling : CNY 60 (Apr. 1 to Oct. 31); CNY 40 (Nov.1 to the next Mar. 31)
Zhaoling : CNY 30 (Apr. 1 to Oct. 31); CNY 20 (Nov.1 to the next Mar. 31)
Sacred Way : CNY 30 (Apr. 1 to Oct. 31); CNY 20 (Nov.1 to the next Mar. 31)

Setelah selesai melihat-lihat Ming Tomb, kita di ajak ke “Jade Carving Factory”, yaitu pusat pengrajinan giok. Di tempat ini, kita bisa melihat proses pembuatan giok dan juga membeli giok dengan kualitas terbaik. Giok gak hanya warna hijau aja. Tapi ada warna pink, coklat, abu-abu. Disini kita juga akan dikasih tau gimana cara membedakan giok yang asli dan palsu.

Bali Ratih

Bali Ratih

Bali ratih

Ini patung tebuat dari 100% giok. Kebayang gak?? 1 cincin aja harganya 400 yuan, apalagi patung beginian. Sempet liat harganya, tapi lupa berapa. gak mahal sih, tapi MAHAL BANGET!! Setelah dijelasin, ujung-ujungnya di tawarin giok. di sini harganya mahal-mahal karena emang kualitasnya oke. ada sertifikatnya juga. Sebenernya aku lagi cari cincin Giok yang diiket sama tali. Di kereta, banyak banget ABG yang pakai cincin begitu. tapi pas aku tanya, katanya Sold Out. lagi nge Trend kali yak.

Akhirnya buat kenang-kenangan, aku beli hiasan bola “shio” yang bisa ditulis nama kita di dalamnya. Harganya 50 yuan. Lucu-lucuan aj beli sepasang buat aku sama pacar. heheheheh

Baliu Ratih

Setelah belanja, kita dipersilahkan makan siang di restaurant yang ada di “Jade Carving Factory”. Makanannya enak dan lengkap. Mulai dari appetizer, main dishes, sampai desertnya ada. dan itu semua termasuk dalam tiket local tour kita yang US$17 itu. Murah banget kan?!. Persiapan naik ke Great Wall harus makan yang banyak nih.

Selesai makan siang, kita lanjutkan perjalanan keee…The Great Wall. Puncak acara kita ke Beijing. Tujuan utama kita menabung selama setahun terakhir ini. Hehehehe

“He who does not reach the Great Wall is not a true man”

ini adalah kata-kata yang terkenal di China. Tapi kali ini yang akan mendaki Great Wall bukan lah Pria tapi dua wanita tanggung yang mandiri nan bersemangat. Untuk menuju ke Great Wall dari Ming Tomb tidak terlalu lama sekitar 15-20 menit. Great Wall terbagi beberapa section, yang paling terkenal adalah Badaling dan Mutianyu. Mutianyu merupakan section “paling hijau”, katanya panorama di section ini lebih indah. Sedangkan Badaling adalah section yan “paling ramai”. Kali ini kita akan mengarungi Great Wall dari Badaling Section.

Bagi yang mau kesini dengan subway bisa ambil rute berikut ini:

Great Wall Badaling
Take Subway Line 1 at Tiananmen East, get off at Fuxingmen and change to Subway Line
2 to Jishuitan (Exit A), and then walk to Deshengmen to take Bus No. 877, 919 or 880 to
Badaling; or take Subway Line 1 then Line 2 to Xizhimen, and then walk to North Railway
Station to take a train S2 series trains.

Ticket : CNY 45 (Apr. 1 to Oct.31); CNY 40 (Nov.1 to Mar.31)
Cable Car : CNY 60 (single trip); CNY 80 (round trip)
Pulley : CNY 30 (single trip); CNY 60 (round trip)
Opening Hour : 06:30‐19:00 (In summer); 07:00‐18:00 (In winter)

Great Wall Mutianyu
Take Subway Line 1 at Tiananmen Square East to Jianguomen Station, get off and
change to Subway Line 2 to Dongzhimen, then take a bus 867 or 916.

Ticket : CNY 45 (Apr. 1 to Oct.31); CNY 40 (Nov.1 to Mar.31)
Cable Car : CNY45 for a single trip, CNY65 for a round trip
Pulley : CNY50 for a single trip, CNY65 for a round trip
Opening Hours : 8:00‐16:00

Begitu sampai ke lokasi. Kita langsung memutuskan naik cable car. hahahahahah…Tinggi bo ternyata, sedangkan waktu yang disediakan hanya 90 menit. padahal mungkin untuk sampai ke atas bisa berjam-jam. (ternyata kami tidak setangguh yang kami bayangkan :p )

CIMG1552 Bali Ratih

Kayaknya kenal tu sepatu.

Sampai di stasiun cable car di atas, kita msh harus naik tangga lagi untuk ke puncak. SUMPAH!! Capek banget. tangganya curam, anginnya kencang, dinggin. kayaknya baru naik 10 anak tangga aj dah ngos-ngosan. gak kebayang klo naik dari bawah. Great Wall atau Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia dan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Panjang keseluruhan tembok mencapai 8.850 km. Dibangun pada 220-206 Sebelum Masehi oleh Kaisar pertama China Shi Huang Ti sebagai barikade dari penyerang seperti suku-suku nomaden Hsiung Nu yang berasal dari China Utara dan  selesai pada tahun 1644 Masehi.

Bali Ratih

Bali Ratih

Bali Ratih

Bali Ratih

Bacanya: Rani & Galih was here. hahahahah..becanda..becanda..

Bali Ratih

Bali Ratih

Nah, klo kita dah sampe atas, nanti ada yang jualan beginian nih. Certificate ” I Have Climbed The Great Wall”, bentuknya ada yang kayak medali bulet, ada juga yang kayak lempengan. Harganya 30-40 Yuan. Boleh lah buat kenang-kenangan.

Bali Ratih

Bali Ratih

Bali Ratih

Bali Ratih

Bali Ratih

Bali Ratih

Ini nih temen tour kita, pasangan suami istri filipina gak ikut sampai ke atas. Aku lupa nama yan cowok. Yang cewek namanya Lore. Di Great Wall kita mulai akrab sama Lore. Ngobrol-ngobrol, becanda. Enaknya klo ikut Tour, selain kita bisa tau sejarah atau cerita tentang tempat yang kita kunjungi (selama ini kita mah foto-foto doang. heheh), kita juga bisa dapet teman baru. Lore liburan ke cina sendirian lho. What a true traveller. Dia menghabiskan waktu di China sekitar 2 minggu. Walaupun katanya “If you have see one temple in china, u already see all of it”, tapi tetep aj dia gak bosen liat temple/ istana khas china. Karna bagi mereka (bule), it’s something new. I don’t know? Well, maybe she never watch kungfu movie. LOL

Bali Ratih

Bali Ratih

Ini niiiih…”Bali Ratih Goes to Great Wall“. Yihaaa!! cihuy banget kan Bali Ratih. Banyak yang tanya apakah kita ke China gara-gara Bali Ratih? jawabannya..Yes!! Kita berdua mungkin dah ngerencanain “Jalan-jalan ke luar negeri” dari jaman SMA tapi baru terealisasi 8 tahun kemudian. Kita mulai nabung sejak Jan 2012 dengan Tabungan Rencana Mandiri. Klo bukan Bali Ratih, aku sama galih gak mungkin bisa ketemu dan merencanakannya. klo bukan bali ratih kita mungkin gak ada semangat buat nabung. Biaya dari kantong sendiri, cuma sebagian memang diambil dari keuntungan Bali Ratih. Tapi semangat Bali Ratih lah yang membuat kita bisa sampai di puncak Great Wall “Memperkenalkan Bali Ratih di dunia international” Hahahahah..

Bali ratih membuat persahahabatan kita makin erat. Persahabatan yang sehat, tidak ada saling iri, namun justru saling mendukung dan saling mengisi satu sama lain sukur-sukur bisa kerjasama yang menguntungkan.

Bali Ratih

Great Wall, jujur, gak seperti yang kita bayangkan. tidak semegah, se spektakuler yang kita bayangkan. Mungkin karna klo di gambar/photo di internet ambil angle/ point of view dari kejauhan jadi keliatan semuanya. klo dari dekat dengan mata telanjang mah yang keliatan cuma tembok. hehehe. Kedua, mungkin juga karena kita pergi di musim dingin. jadi keliatannya gersang. oh ya, di Great Wall juga kotor. gak sebersih tempat wisata lain. Tapiiiii..pengalaman “pernah ke great wall” itu yang fenomenal tak terlupakan. heheheh

Advertisements

10 thoughts on “China Trip Day 3 : Bali Ratih Goes to Great Wall

  1. Hallo juga Widie, waktu itu kita pakai Beijing Local Tour. Bisa liat webnya di http://www.beijinglocaltour.com/coach_tour/badaling_great_wall_and_ming_tombs_tour.php .Untuk reservasi/ book di indonesia dengan mengisi formulir reservasi online di http://www.beijinglocaltour.com/reserve.php?Tour_ID=BJCT00A nanti mereka akan balas email kita. Saat kita tiba di Beijing, konfirmasi ulang ke mereka. Mereka akan tlp ke hotel tempat kita menginap untuk detail waktu penjemputan. have a nive trip 🙂

  2. Hallo Widie.. Gimana cara menghubungi travel nya setelah sampai di Beijing… Pakai email or telepon … Katanya internet susah… Pakai bahasa inggris kah ?
    Nginapnya dimana ya Widie selama disana ? Tks ya…

    • Halo indang, pake telepon. Minta tolong sama org hostelnya. Klo org hostel and travel umumnya bisa pake bahasa inggris. Kami nginep di hostel (lupa namanya) tapi gak recommend. Mungkin skg lebih banyak hostel yg lebih bagus.

  3. Hello Glare House…
    Maaf td salah nama..
    Gimana cara mengontak travel nya setelah sampai di beijing… Pakai email or telepon…kan internet susah… Beli card untuk telepon or wifi ?… Bisa pakai bhs inggris? …dan nginapnya dimana ya…daerah dan nama hostelnya …tks ya…

  4. its ok. kami gak beli card. luckily gampang gampang aj dapet wifi. dan mungkin dulu masih gak terlalu narsis di sosmed jadi seperlunya aja pakai wifi. Di hostel ada wifi, di tempat makan kayak KFC juga ada.

    klo boleh kasih masukan. pilih hostel yang bersih. Hotel dan hostel di cina dengan harga yang sama (somehow) biasanya bersihan hostel (i dont know why). Pokoknya pilih kamar mandi yang bersih. itu aja pesenku 🙂

    jujur aku lupa banget nama hostelnya, dan ternyata gak aku tulis di blog ya. heheheh
    gak terlalu recommend karna tempatnya agak jauh dari subway. aku dah coba cari-cari di email, tapi gak nemu hostelnya. Hostel kami masih di area tiananmen.

    • Tks mba.. Infonya…

      Btw yg dimaksud dg hostel itu sama dg semi apartemen gitu ya… Adanya dijalan besar ya.. Tdk susah ya cari alamatnya….

      Sekali lagi ya tks… Sewaktu waktu sy boleh contact ya mba…

      Sent from my iPad

      >

      • Hostel itu kayak asrama/budget hotel. Oh ya, kamu ber berapa perginya?? Klo rame2 4-6 org coba cari apartment di bnb aj. Kmrn aku ke korea sewa apartment lebih nyaman. Klo hostel/hotel menyediakan jasa jemput di bandara, mending pake jasa itu. Karna harganya sama aj klo kita naik taxi. Malah klo naik taxi agak susah bisa diajak muter2 karna drivernya gak bisa bhs inggris. Oh ya, jgn lupa simpen alamat hotel/hostel kamu stay dlm tulisan china. Karna driver taxi jarang bisa baca bahasa romaji/latin.

        Feel free WA aku di 085692500871

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s