Lavender, Lebih dari Sekadar Bunga

Wonderland_by_Kirsty_Mitchells_4Lavender telah digunakan selama berabad-abad karena memiliki banyak manfaat. Tanaman ini berasal dari Eropa, tepatnya di wilayah Perancis. Lavender digunakan sebagai parfum, perlengkapan upacara keagamaan (ritual) dan tanaman obat sejak zaman Romawi kuno. Sebutan bunga lavender bagi orang roma adalah lavare yang artinya menyegarkan karena Lavender bisa membuat efek santai dan rileks ketika kita menghirup aromanya.

Lavender lebih dari sekadar bunga cantik berwarna ungu dengan aroma yang manis. Minyak yang diekstrak dari bunga lavender memiliki sederet manfaat, diantaranya:

1. Mempercantik kulit
Minyak lavender mengandung antioksidan dan anti inflamasi. Aroma minyak lavender juga memiliki efek relaksasi. Coba lakukan facial menggunakan minyak lavender di malam hari untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Bagi yang memiliki masalah jerawat membandel, Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam pelembab kulit Anda atau plain moisturizer. Minyak lavender akan membantu menyembuhkan masalah kulit berjerawat karena mampu mematikan bakteri.

2. Menumpas rambut rontok
Minyak lavender dapat membantu Anda menyelesaikan beberapa masalah rambut seperti kerontokan dan bahkan terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dalam beberapa studi. Cara menggunakannya adalah dengan memijat perlahan kulit Anda menggunakan minyak lavender secara rutin kira-kira tiga kali sepekan.

3. Melawan ketombe
Aroma lavender yang segar mampu membuat rambut Anda wangi sepanjang hari. Selain itu, minyak lavender juga dapat membantu melembabkan rambut yang kering dan pecah-pecah, serta melawan ketombe.

4. Membuat tubuh relaks
Karena aroma lavender yang memiliki efek relaksasi dan membuat Anda tidur nyenyak, minyak lavender seringkali direkomendasikan sebagai obat alami bagi mereka yang menderita insomnia. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air mandi Anda sebelum tidur atau teteskan di sarung bantal.

5. Menyembuhkan luka
Sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang seringkali dimiliki berbagai jenis minyak esensial. Minyak lavender misalnya, memiliki efek yang sangat baik bagi kulit sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka ringan dan membantu menghaluskannya kembali.

6. Mengurangi Strechmark

Campur minyak esensial lavender dengan base oil misalnya minyak zaitun atau minyak almond dengan perbandingan 1:2. kemudian, oleskan pada bagian kulit yang bermasalah sambil dipijat dengan gerakan melingkar, imbangi dengan mengonsumsi makanan yang berserat tinggi. Cobalah, lakukan setiap hari.

7. Memperlambat timbulnya kerut pada wajah

Campur minyak esensial lavender dengan face scrub pada saat melakukan scrubbing dengan perbandingan 1:2. minyak esensial lavender yang dicampur dengan pelembab wajah dapat membantu proses regenerasi sel, sehingga wajah akan terlihat segar dan bercahaya.

Bali Ratih Lavender mengambil manfaat dari kebaikan lavender. Bali Ratih Body Mist Lavender memberikan keharuman yang menenangkan dan menghindarkan kulit dari dehidrasi. Bali Ratih Body Scrub, Body Lotion dan Body Butter Lavender mengadung bioactive alami yang terkandung dalam lavender dan minyak esensial lavender membantu menjaga kulit tetap sehat, lembab, dan memperkuat struktur kulit dan menjadikan kulit awet muda.

Bali Ratih Lavender

Bali Ratih Lavender

Sumber:

http://www.andipandora.com/2012/01/manfaaat-dan-rahasia-minyak-lavender.html

http://life.viva.co.id/news/read/403460-manfaat-minyak-lavender–lebih-dari-sekadar-menebar-wangi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s