Tips Memutihkan Gigi

bali ratih

Memiliki senyum yang indah dan menawan merupakan dambaan bagi setiap wanita, apalagi jika senyum  yang menawan tersebut dibarengi dengan gigi yang bersih dan putih. Hmm.. dijamin pasti banyak cowok yang bantuin beresin rumah kita ( heheh kayak iklan close up gituu…). Selain mempunyai senyum indah, ternyata dengan memiliki gigi yang putih dan bersih juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam pergaulan. Untuk mendapatkan gigi yang putih kita harus  merawat gigi dengan melakukan perawatan secara rutin dan benar, serta secara teratur setiap 6 bulan sekali melakukan perawatan ke dokter gigi.

Ini dia Tips merawat gigi agar terlihat lebih putih dan sehat:

  1. Rajinlah membersihkan mulut termasuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari.
  2. Sebaiknya pilihlah sikat gigi dengan bulu yang cukup lembut dan pilihlah ujung sikat yang sedekat mungkin dengan gigi geraham ujung.
  3. Menyikat gigi secara rutin sesuai waktu dan cara yang tepat. Yaitu menyikat gigi pada saat bangun tidur, menyikat gigi setelah sehabis makan dan menyikat gigi sebelum tidur malam.
  4. Cara menyikat gigi yang baik dan benar adalah menyikat gigi dari arah gusi ke ujung gigi secara vertikal. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan pemijatan pada gusi, peredaran darah menjadi lancar, sehingga gusi selalu sehat dan gusi tidak mudah berdarah.
  5. Lakukan kontrol secara rutin setiap 6 bulan sekali untiuk mencegah terjadinya caries dan penumpukan karang gigi. Karena karang gigi dapat menimbulkan peradangan pada gusi sehingga menyebabkan gusi berdarah.

Selain dengan menyikat gigi, perhatikan juga makanan yang kita konsumsi. Minuman di bawah ini mungkin tidak hanya kita minum saat pesta, tapi setiap hari. Sebaiknya mulailah berhati-hati karena bisa membuat gigi jadi kusam:

Kopi hitam
Bagian luar gigi memiliki pori-pori. Minuman dengan warna pekat seperti kopi hitam dapatmeninggalkan warna di gigi, sehingga senyum menjadi kurang cemerlang. Alternatif penggantinya kopi susu.

Teh
Ada bermacam-macam teh, namun yang paling mempengaruhi kusamnya warna gigi adalah teh hitam. Kandungan tannin-nya sangat tinggi. Penggantinya, teh hijau, teh putih, dan teh herbal

Wine
Red wine bersifat asam, sehingga bisa mengikis enamel gigi. Menurut penelitian, white wine juga dapat menodai gigi. Orang yang minum white wine kemudian meminum teh akan mengalami kekusaman gigi dua kali lebih parah.Kandungan polyphenol dalam wine berperan dalam pudarnya warna putih gigi. Namun, polyphenol juga berkhasiat mencegah peradangan pada gusi.

Soda
Soda mengandung phosphoric dan citric acid yang dapat mengikis enamel gigi. Kandungan gulanya juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Apalagi soda berwarna pekat seperti cola, warnanya bisa menodai gigi. Pilih penggantinya, sparkling water.

Jus cranberry
Warnanya yang pekat dengan mudah membuat gigi menjadi kuning. Rasanya yang asam membuat jus cranberry seringkali ditambah banyak gula, padahal keduanya tidak baik untuk gigi. Alternatif penggantinya, jus buah dengan warna terang, tanpa gula

Minuman berenergi
Sekarang banyak dijual minuman untuk mengganti cairan tubuh, mengandung mineral dan vitamin. Biasanya minuman ini dikonsumsi saat berolahraga. Ternyata di balik semua kelebihannya, minuman berenergi bisa menimbulkan erosi pada gigi karena asam. Minumlah air putih sebagai penggantinya.

Tapi, apabila kita tidak dapat menghindari minuman di atas, sebaiknya lakukan hal ini untuk mengurangi dampaknya:

  1. Kurangi konsumsi:Jangan sering-sering mengonsumsi minuman di atas agar senyum Anda tetap cemerlang. Batasi konsumsinya, misalnya sebulan sekali.
  2. Perhatikan suhu minuman: Minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas dapat membuat gigi berkontraksi. Gigi akan lebih rentan menjadi kusam karena pori-pori gigi menyerap warna minuman.
  3. Minum dengan cepat:Jangan biarkan cairan berwarna pekat dan bersifat asam berada di mulut terlalu lama. Minum dengan cepat agar tak sampai mengenai gigi terlalu lama.
  4. Minum dengan sedotan: Sedotan membantu gigi terhindar dari noda yang disebabkan oleh minuman.
  5. Kumur-kumur dengan air: Segera kumur-kumur dengan air putih untuk membantu membilas noda yang tertinggal dari minuman di atas.
  6. Sikat gigi: Setelah minum, kumur dengan air putih. Tunggu 1 jam, lalu sikat gigi. Jika langsung menyikat gigi setelah minum minuman asam, gigi akan lebih mudah terkikis.
  7. Kunyah permen karet: Jika tidak sempat menyikat gigi, permen karet bebas gula dapat membantu menyapu kotoran dari gigi.

Atau kamu bisa mengganti minuman di atas dengan bahan bahan berikut yang dipercaya bisa memutihkan gigi:

Apel
Buah apel mempunyai tekstur renyah yang dapat berfungsi seperti sikat gigi alami dan pemutih alami. Buah apel mempunyai kandungan yang dapat mengangkat noda dan membersihkan gigi secara alami tanpa merusak email gigi. Untuk itu perbanyaklah konsumsi apel setiap 1 minggu 2 kali.

Strawbery
Kandungan asam malat yang terkandungan dalam stroberi, berkhasiat untuk mengubah warna gigi menjadi lebih putih. Dr. Adinda Carrel, seorang dokter gigi di New York menjelaskan bahwa stroberi merupakan cara murah untuk mencerahkan senyum Anda. Namun, jangan digunakan terlalu sering, kandungan asamnya dapat merusak enamel gigi. Caranya, hancurkan satu stroberi matang dan gosokkan pada gigi. Diamkan selama lima hingga 10 menit. Kemudian sikat gigi sampai bersih dengan pasta gigi.

Wortel
Wortel mempunyai kandungan yang dapat menghilangkan plak pada gigi ketika sedang mengunyah. Sehingga wortel juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

Kulit Jeruk
Kulit jeruk mempunyai kandungan unsur pemutih yang sangat lembut, yang dapat membantu menghilangkan noda karat pada gigi tanpa membahayakan lapisan email pada gigi. Caranya juga sangat mudah, hanya menggosokkan kulit jeruk bagian dalam ke gigi sahabat. Sebaiknya gunakanlah kulit jeruk yang masih segar.

Bagi kamu yang merokok, berhentilah merokok. Merokok menyumbang banyak warna suram pada gigi. Seorang perokok akan senantiasa merokok terus menerus. Ini menyebabkan warna gigi jadi tak sedap dipandang mata. Alangkah baiknya anda berhenti merokok sepenuhnya. Tar dan campuran tembakau pada rokok menjadi salah satu sumber noda yang paling sulit dihilangkan pada gigi. Selain itu, merokok tidak baik buat kesehatan kita.

Tips terakhir untuk para wanita. Warna lipstik yang anda gunakan bisa memberikan bayang warna pada gigi kamu. Misalnya, lipstik merah muda tebal membuat visual gigi terlihat sedikit putih dari aslinya. Sedangkan jika warna lipstik yang gelap dapat menyebabkan warna gigi sedikit lebih redup.

Nah moga-moga tips memutihkan gigi yang sudah kita rangkum berguna buat kamu. So, give the world your best smile. *ting

sumber:

http://cantikinfo.blogspot.com/2011/06/tips-memutihkan-gigi-secara-alami.html

http://food.detik.com/read/2011/12/21/094650/1796164/900/kopi-dan-teh-bisa-bikin-gigi-kusam

http://mp3indodownload.blogspot.com/2013/01/tips-cara-memutihkan-gigi.html

2 thoughts on “Tips Memutihkan Gigi

    • memang pahit dan agak keset-keset asam juga. well, no pain no gain sis. putihin gigi juga bisa lho pake baking soda. campurkan baking soda ke odol kamu, gak ada rasanya seperti sikat gigi biasa cuma agak asin2 dikit tp overall its better taste drpd kulit jeruk 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s