Hilangkan Selulit dengan Coffee

Selulit??!#?@! Oh No!!

Yup, selulit memang bikin sebal.  Sebagian besar wanita didunia memiliki selulit hampir sekitar 90 % selulit ditemukan pada wanita dewasa dan jarang sekali ditemui pada pria dewasa. Selulit adalah gumpalan – gumpalan kulit kecil akibat dari terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh, selulit biasanya ditemui berbentuk seperti kulit jeruk sunkist dan pada wanita yang sudah tua selulit keluar seperti urat halus berwarna kehijauan atau kemerahan.

Selulit biasanya terdapat pada paha, pinggir paha, sekitar selangkangan paha, pantat, perut dan pada orang gemuk biasanya terdapat di sekitar lipatan kulit belakang lutut dan juga terkadang terdapat pada ibu hamil.

Selulit pada remaja wanita dewasa biasanya pertama kali terjadi ketika kali pertama menstruasi, kemudian selulit akan bertambah banyak atau menyebar pada sekitar paha seiring berkembang siklus menstruasi. Ada beberapa orang yang memiliki selulit mengakibatkan rasa gatal bila di garuk akan bertambah lebar, dan pada remaja wanita atau wanita dewasa selulit biasanya berwarna agak hitam dengan garis putih disetiap tepinya.

Selulit pada wanita yang sudah tua atau dapat dikatakan ketika memasuki usia 30 tahun keatas dan seterusnya selulit timbul seperti urat – urat halus atau kasar berwarna garis merah atau kehijauan, diakibatkan karena adanya penimbunan lemak, kelebihan atau kekurangan hormon esterogen ( hormon wanita ), bertambahnya berat badan, suatu penyakit yang diderita dsb.

kate-hudson-front-side-back-cellulite

Ada beberapa factor yang menyebabkan timbulnya selulit, yaitu:

  1. Faktor hormon seperti esterogen yang merupakan salah satu penyebab timbulnya selulit. Terbentuk ketika terjadi perubahan hormon pada wanita dalam masa pubertas, hamil, dan meopause. Hal-hal lain yang menyebabkan perubahan hormon seperti mengkonsumsi pil kb juga dapat menyebabkan selulit.
  2. Faktor fisik . Terjadi ketika adanya perunbahan pada lapisan lemak dibawah kulit. Olah raga dan diet sehat tidak selalu berhasil menghilangkan selulit, hidup tidak sehat dan kurang nutrisi dapat memperburuk kondisi selulit.
  3. Keseringan duduk. Keseringan duduk juga dapat memunculkan selulit ditambah bila dalam posisi yang kurang benar pada saat duduk badan agak membungkuk, kurang bergerak hingga sendi – sendi dari tulang tubuh menjadi kaku. Seperti terlalu lama duduk didepan komputer.
  4. Sering berjalan kaki. Jalan kaki memang menyehatkan selain membuka rongga – rongga dari seluruh jaringan tubuh hingga sirkulasi darah lancar dan memompa jantung lebih baik lagi sehingga oksigen lancar mengalir keseluruh jaringan tubuh, yang salah adalah ketika duduk setelah berjalan kaki harus dipanjangkan ( direntakan lurus ) agar urat – urat pada seluruh bagian kaki tidak menekuk dan urat – urat kaki tidak menengang.
  5. Makanan. Apa yang kita makan juga bisa menjadi salah satu factor yg merangsang timbulnya selulit.
  • Makanan manis.

Makanan yang sangat kaya dengan campuran bahan utama yaitu gula mampu memberikan dampak negaif terjadinya selulit pada bagian tubuh anda. Makanan yang sarat akan gula ( Manis ) dapat menyebabkan metabolisme dan sistem organisme dalam tubuh menjadi terhambat sehingga memungkinan terjadinya kerusakan permanen pada tingkat sel yang terdapat pada jaringan tubuh. Untuk itu banyak disarankan agar mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan manis, terutanma pada seseorang yang menderita diabetes, yang sedang menjalani program diet dsb. Makanan manis bayak terdpat pada kue – kue, coklat, makanan dengan karbonhidrat yang tinggi. Walaupun ada fakta yang mengatakan bahwa makanan dapat menjadi sumber energi baik bagi tubuh asalkan sesuai aturan dan takaran setiap harinya.

  • Makanan Asin

Makanan asin juga mempunyai peranan penting yang mengakibatkan selulit itu terjadi. Makanan asin selain mampu meningkatkan tekanan darah ( cenderung membawa dampak negatif pada emosional ). Caranya dengan membatasi penggunaan atau konsumsi makanan asin, semisal memasak dengan menggunakan garam beryodium, mengurangi konsumsi makanan seperti telur asin dan menyeimbangkan dengan minum air putih setiap harinya. Jika cairan air dalam tubuh lebh besar diisi makanan asin maka tubuh akan mempertahankan cairan tersebut, dan resistensi cairan yang terdpat pada garam akan semakin memperburuk meunculnya selulit.

  • Lemak Jenuh

Lemak jenuh merupakan faktor utama yang mempunyai peranan besar dalam menciptakan selulit sperti pada daging merah, coklat, sosis, mentega, krim, keju dsb. Maka lemak yang berasal dari makanan tersebut akan tersimpan tepat dibawah kulit dan akan memuncak lebih dahulu untuk Tubuh hanya mampu memecah lemak yang terdapat pada sayur dan buah.

  • Makanan Junk

Makanan Junk merupakan gabungan dari semua makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Makanan Junk tersebut merupakan penguat nyata timbulnya selulit, karena makanan junk memilik sistem orgaisme dalam tubuh. Secara bertahap sistem penceranaan tubuh tidak bisa langsung memecah makanan tersebut akan menimbun pada lapisan bawah kulit. Cara sederhana dengan mengurangi sedikit asupan makanan terutama yang banyak mengadung lemak dan di imbangi dengan makanan sehat penuh serat.

  • Alkohol

Alkohol memiliki senyawa berbahaya bagi tubuh karena memiliki tingkat kalori dan racun yang cukup tinggi. Bahkan dapat merusak jaringan sel – sel otak, sel – sel kulit, menguras vitamin C, kalsium yang mampu menghalangi lemak berlebih dalam tubuh. Alkohol merupakan salah satu keuntungan besar bagi selulit.

Selulit bukan diartikan sebagai suatu penyakit. Namun selulit memang agak sulit diatasi. Tetapi jangan patah semangat, banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi selulit, diantaranya;

1. Rajin Olahraga

Olahraga memang dapat memperlancar sikrkulasi darah, dan membuat otot tubuh mejadi lebih kencang, meyehatkan badan terlihat lebih bgar dan fresh bila dilakukan secara teratur dan baik minimal 3 kali seminggu, semisal : senam, berenang, bersepeda dsb.

2. Pola Makan Sehat

Memperhatikan pola makan memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Menerapkan pola makan yang sehat dengan cara mengurangi makanan siap saji yang banyak mengandung lemak jenuh. Karena itu pola makan yang harus Anda terapkan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral juga air sehingga meningkatkan kerja kulit agar keringat mudah keluar dan mempermudah pembuangan kotoran.

3. Pijat

Pijat dapat mereflesikan urat syaraf dan otot – otot terutama pada sekitar kaki, betis dan paha agar tidak menegang. Pijat juga dapat membantu anda untuk mengatasi selulit. Pijat dapat memperlancar sirkulasi darah, dan menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh.

4. Menyikat bagian tubuh

Usahakan menyikat bagian tubuh dengan menggunakan shower puff atau spon yang lembut, digosok halus cukup 10 – 15 menit 2 kali seminggu.

5. Mengoleskan krim

Dipasaran kini sudah sangat banyak yang menjual produk kecantikan, perawatan tubuh untuk mengatasi selulit dalam bentuk krim. Selain dengan cara olahraga dan mengurangi makanan berlemak, pemakaian krim untuk selulit dapat dijadikan pelengkap dalam mengatasi selulit,  selain itu kandungan krim penghilang selulit dapat menghancurkan lemak, serta mengencangkan dan menghaluskan kulit sehingga kulit tidak kering. Karena kondisi kulit setiap orang berbeda – beda, pintarlah dalam memilih krim penghilang selulit pastikan krim tersebut tidak mengakibatkan iritasi kulit dll. Selain itu, krim  penghilang selulit sangat mahal 😛

Nah ada cara lain yang lebih alami dah lebih ekonomis yaitu..

6. Dengan cara tradisional menggunakan kopi

Kandungan kafein pada kopi memiliki senyawa antioksidan yang mampu mencerahkan kulit yang kusam. Cara kerja kafein ini merangsang sirkulasi darah sehingga nutrisi yang masuk ke dalam kulit akan membuat sel-sel semakin sempurna. Menggosokkan kopi juga akan memfasilitasi pemecahan lemak di bawah kulit yang akan membantu menghilangkan selulit.

biji_kopi_arabika

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya:

Resep 1
1 cangkir ampas kopi yang masih baru
1 putih telur
1 sendok makan minyak zaitun
Campurkan bahan-bahan di atas dan gunakan untuk memijat bagian tubuh Anda yang berselulit. Pijat dengan gerakan memutar, kemudian bilas. Ramuan ini juga bisa dioleskan ke selulit, kemudian ‘bungkus’ bagian tersebut dengan plastik dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk hasil yang optimal, lakukan ritual ini 3 kali seminggu.

Resep 2
1/4 cangkir ampas kopi hangat
1 sendok makan minyak zaitun
Campurkan bahan-bahan di atas, kemudian balurkan ke atas loofah (kain) atau handuk wash lapsebelum memijat bagian yang berselulit. Lakukan 2 kali seminggu.

Resep 3
Campurkan ampas kopi dengan sabun cair atau body lotion. Balurkan ke tubuh, diamkan beberapa menit, lalu bilas. Lakukan setiap hari. [rs]

Selain cara-cara diatas ada cara yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan Body Scrub Coffee dari Bali Ratih. Kandungan scrub coffee dari Bali Ratih  alami dan aman digunakan pada kulit. Teman-teman tidak perlu repot mencampur-campur kopi dengan lotion atau putih telur (amis kaaan?!), karena Bali Ratih Body Scrub Coffee siap pakai. Ambil Body Scrub dengan tangan balurkan pada kulit lalu pijat dan gosok dengan halus. Body Scrub Bali Ratih cepat meresap pada kulit sehingga manfaat kafein yang terkandung didalamnya dpt meresap secara maksimal kemudian Bilas dengan air hangat.

Bali Ratih Body Scrub Coffee

Bali Ratih Body Scrub Coffee

Lulur/Scub Kopi tidak hanya ampuh menghilangkan selulit, banyak manfaat lainnya bagi kesehatan kulit, yaitu:

  • Dapat mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki kulit yang rusak.
  • Mampu menetralkan kulit yang teriritasi sekaligus memberi nutrisi pada kulit.
  • Bisa menghilangkan bau badan.
  • Berkhasiat merevitalisasi sel kulit baru dan menjaga kelembapan kulit.
  • Bermanfaat menghilangkan bekas jerawat, flek dan noda hitam.
  • Dapat menghilangkan strechmark dan selulit  jika dilakukan secara teratur.
  • Mampu memperbaiki sirkulasi darah dan memecah lemak di tubuh yang dapat menimbulkan selulit.
  • Berfungsi sebagai astrigent/penyegar karena kandungan pH – nya sama dengan kulit (4,5), sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan jerawat atau noda pada kulit.
  • Memberi proteksi ringan terhadap sinar UVA atau UVB.

Jadi, Gunakan seminggu sekali maka selulit akan berkurang dan dapatkan semua manfaat yang terkandung dalam kopi. Jika tidak teratur maka khasiatnya tidak akan terlihat. Beauty needs efforts 😉 .Untuk hasil maksimal gunakan Bali Ratih Body Butter Coffee, pijat halus dengan gerakan memutar agar kandungan kafein meresap sempurna dan dapatkan kulit sehat, lembut dan bercahaya.

Selamat mencoba..

 

Bali Ratih Coffee

Bali Ratih Coffee


 

Sumber :

http://caramenghilangkanselulit.com/

http://www.tnol.co.id/id/bugar/

http://tipsperawatantubuh.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s