China Trip Day 2 : Winter at Summer Palace

DAY 2 : DAY AT BEIJING

6 Maret 2013

Sekitar pukul 00.30 tengah malam, kami tiba di Beijing. Gak sempet mikir apa-apa, kita langsung cari taxi. Begitu dapat taxi, kita tunjukkin alamat dimana kita nginap.

Saran: Print alamat hotel/hostel kamu dalam tulisan china juga, karna rata-rata atau bahkan semua driver taxi di beijing gak bisa bahasa inggris atau baca tulisan latin. yang lebih penting, klo kamu nginep di hostel, mending minta jasa jemput di airport. Banyak kemungkinan driver taxi gak tau alamat dan diputer/kesasar dan kita harus bayar lebih mahal.

Benar saja!!! begitu kita tunjukkan alamatnya, awalnya driver suruh kita masuk dan dia tanya2 melalui radionya dimana alamat hostel kita. Berisik banget cara dia ngomong. kayak orang marah-marah. Kita dikasih pilihan mau lewat tol apa nggak. Biar lebih cepat kita pikir lewat toll aj. klo gak salah, bayar 30 yuan. dan tiba-tiba di tengah jalan tol. Taxinya menepi. trs kita di oper ke taxi lainnya karna driver kita gak tau alamatnya. hayyah.

Dibawalah kami oleh driver taxi yang baru ini muterin tol. Yup kita puter balik. jd harusnya kita gak lewat tol. dan tolnya itu panjang banget.  Argo dah 200 yuan dan kita baru arah putar balik. ngantuk, capek , lemes, shock. Awalnya kita mau berhemat, karna klo pake jasa jemputan dari hostel kita kena fee 220 yuan. sedangkan naik taxi sekitar 180 yuan, tapi kenyataanya di luar rencana, hostel kita kurang terkenal di dunia per-taxi-an. Begitu sampai di hostel, argonya 380 yuan. Gak mau menyerah, kita akhirnya muka tembok menawar sedikit memelas. Dengan bahasa isyarat, tulis di kertas, ni tukang taxi gak ngerti juga. malah dikiranya kita nanya jam. halaaah. Akhirnya gw tunjukkin uang 200 yuan. dan bia bilang ok. Aaaaah…aku terharu…gak jadi rugi deh kita. heheh. Klo kayak gini, bagian melas-melas rani jagonya (gak koper, gak tukang taxi, juga mba-mba cebu kayaknya iba bgt liat muke gw. hahahah)

Turun dari taxi, kita harus jalan sedikit ke dalam gang, karna hostel kita ada di dalam gang. Begitu ketuk pintu, lsng dibukain sam penjaga hostelnya. Penjaga Hostelnya baik, ramah, kita lsng ditunjukkin kamarnya. Begitu sampai di kamar, kita baru deh loncat-loncat girang “kita dah sampai di Cinaaaaa”. heheheh…pengalaman nawar di taxi bikin kita girang bgt kayaknya. Begitu mau buka koper, gembok kopernya galih pecah. jadi angkanya hilang. Untung ada Mc Gyver, sedikit otak atik pake jepit rambut, gemboknya kebuka. loncat-loncat lagi deh girang. hahahaha…gak jelas.

Seneng banget bisa nyampe ke China. cuma berdua, cewek-cewek, baru pertama kali, gak pake tour. kayak yang bener aj kita. Seneng banget!! (tapi, kenapa ya pas lagi nulis ini di blog, rasanya dua kali lipat lebih seneng ya? bener kata pepatah cina Lin Yutang “No one realizes how beautiful it is to travel until he comes home and rests his head on his old, familiar pillow.”

Ganti baju, cuci muka dan akhirnya tidur. Besok pagi kita harus memulai perjalanan kita. Sesuai dengan jadwal kita, hari pertama kita akan mengunjungi Summer Palace dan Beijing Z00.

Pagi-pagi dengan semangat kita pergi ke Summer Palace, saking semangatnya sampai lupa nanya arah jalan ke subway. heheheh… Suhu hari itu sekitar 10-12 derajat. Galih memang lebih tahan banting, ups tahan dingin. Doi cuma pake jaket biasa aj, sedangkan gw dah berlapis-lapis. Udara di beijing lebih bersih dibandingkan jakarta. dan daerah sekitar hostel banyak banget bangunan-bangunan tua. mungkin karna termasuk dalam daerah tiananmen. jadi masih dijaga kelestariannya.

Bali Ratih

Susah banget nanya jalan di beijing. karena mereka gak bisa bahasa inggris. Padahal kita dah selektif dalam memilih orang buat di tanya. Ada nih ya Mba-mba cantik, rambut panjang ikal, diwarnain, gaya banget, dandananya oke, Coatnya keren, kukunya cantik, pegang handphone canggih, tasnya dijinjing di siku, pake boots heels. Tapi begitu kita tanya “Excuse me, do you know where…” doi lsng menghindar sambil senyum-senyum seraya bilang gak ngerti. Plis deh!!! Gak menyerah, akhirnya kita bertemu orang yang tau kata “subway”. Daaaan sampailah kita di stasiun Tiananmen East Square.

Setiap kita masuk subway, pasti akan diperiksa tas nya. dan petugas keamanan ada dimana-mana. Subwaynya juga bersih dan bagus. Jalur dan sistem operasi keretanya pun dah canggih banget. Kereta lewat 3 menit sekali. dan harga tiketnya pun murah. jauh dekat 2 yuan. Untuk menuju ke Summer Palace ini nih rutenya:

Subway Line 4: get off at Beigongmen Station (Beigongmen means the North Palace Gate); or get off at Xiyuan Station, get out of the station from Exit C2 (southwest exit) and walk west.

beijing subway map

Saran: Ingat-ingat dari exit apa kita masuk, supaya pas pulang kita bisa keluar di exit yang benar. karna klo keluar di pintu exit yang beda, jalannya jauh bo!!!

Keluar dari stasiun Beigongmen Station, kita cari sarapan. Awalnya mau ke yoshinoya, tapi mba-mbanya gak bisa bahasa inggris. Bahkan arti “Beef”, “Chiken” or “Pork” doi gak tau. dari pada salah makan, akhirnya cari yang pasti-pasti aj deh. Mc D!! heheheh

Bali Ratih

Akhirnya kita memutuskan untuk take away burger dan makan di perjalanan menuju summer palace. Di depan McD udah banyak becak yang nawarin kita summer palace dengan ongkos 30 yuan. jadi masing-masing orang 15 yuan. Dari pada capek sebelum perang, jadi kita putusin naik becak aj. Lagi pula gak ada salahnya nyobain becak ala cina. hehehh

Sampailah kita di Summer Palace. Summer Palace buka dari jam 07.00 – 17.00. Harga Tiket masuknya 50 yuan untuk tiket terusan. Summer Palace atau Yihe Yuan dalam bahasa china atau dalam bahasa indonesia Istana Musim Panas ,terletak 15 km dari pusat kota Beijing.

Bali ratih

Bali Ratih

Selama di China, kita akan sering banget liat patung ini. Ini adalah Son of Dragon. ia selalu makan (apa saja dimakan) tapi gak pernah keluar. Makanya sepanjang jalan di restaurant, toko, selalu ada patung ini. maksudnya biar banyak yang datang, banyak uang yang masuk.

Ini beneran ya!!bukan iklan. Di China, perlu bawa Bali Ratih Body Mist. Disana kita paling wangi berkat Bali Ratih Body Mist. Keringet orang china itu mengeluarkan bau tertentu. Selama di kereta atau di tempat tempat umum yang ramai, kita akan cium bau badan org cina yang khas. bagi yang gak terbiasa, bikin pusing juga. :p  Yang mau ke Cina saat summer. siap-siap bawa body mist/parfum/colonge yang banyak. Semprot sana semprot sini. hehehehBali Ratih

Iiiiiih…ada kuciiiiiiiiiing….

Banyak penduduk lokal sini yang datang ke Summer palace untuk jogging. Dan satu hal yang lucu, kebanyakan dari mereka alih-alih pakai earphone untuk dengerin musik, mereka malahan pake speaker jadi kedengeran kemana-mana. Padahal klo gw beli earphone di stasiun semua made in china.Bali Ratih

Pavilion ini merupakan bangunan tertinggi di kompleks Summer Palace. adanya di Longevity hill. Summer Palace didominasi oleh Longevity Hill dan Kunming Lake.

sok iye lw, Ran!! hahahahCIMG1404

Walaupun musim dingin udah lewat, udara masih sangat dingin. Danaunya aj Beku. Nama danaunya adalah Kunming Lake. dari 2.9 km2 luas Summer Palace, sepertiganya adalah danau. Danau ini dibuat mengimitasi Danau Westlake di HangZhou yang terkenal dalam legenda “White Snake Legend” atau siluman ular putih.Bali Ratih

Poto berasa model. Asiiikk..heheheheh

Bali Ratih

Ini merupakan salah satu bangunan yang jarang dijamah wisatawan. Tapi tetep di jaga kebersihannya. Tu ada yang nyapuin. Salut buat pemerintah china. Mereka bener-bener concern melestarikan budaya. gak hanya bangunannya aj, pohonnya aj juga di jaga. Usia pohon disini mungkin berumur ratusan taun. sama tuanya dengan summer palace yang dibangun pada tahun 1749 pada masa pemerintahan Kaisar Qianlong dan dibangun ulang pada tahun 1886 and 1902 setelah sempat rusak pada saat invasi Anglo-French tahun 1860.

Sekitar jam 3an kita selesai mengelilingi summer palace. Catat ya!!Mengelilingi. 1 putaran penuh. kaki gw sampe lecet (maklum sepatu baru..hihihi…). Berapa ya luas Summer Palace ini?? 2,9 square kilometres!! 2,9 Km2 kita kelilingin jalan kaki. Beuuh…gak mau rugi atau rajin ya? (Dari stasiun gondangdia – kantor yang jaraknya palingan 200 meter aj gw naik bajaj). Bagi yang pergi sama local tour biasanya di ajak ke bangunan-bangunan yang “penting” aj.

Dan selesailah “liburan musim dingin kita di istana musim panas”. Kita harus cepet- cepet menuju Beijing Zoo. Karena tiketing Beijing Z00 hanya buka sampai jam 5. Can’t wait to see Panda. I LOVE PANDAAAAAAA!!!!!